Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

KPU Raker Penyusunan Dapil & Alokasi Kursi DPRD

12/13/17, 16:36 WIB Last Updated 2020-10-16T09:53:49Z
istimewa

BUSER-NEWS.COM-DELISERDANG | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Deli Serdang melaksanakan Rapat Kerja (Raker) Penyusunan Daerah Pemilihan Dan Alokasi Kursi Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) DPRD Deliserdang serta simulasi penghitungan kursi jelang Pileg Tahun 2019, Rabu (13/12/2017).
Raker yang dilaksanakan selama dua hari dihadir Kepala Kesbang Pol Linmas Deli Serdang Togar Panjaitan, anggota DPRD Deli Serdang, Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Deli Serdang, 12 Partai Politik (Parpol) yaitu Partai Demokrat, PAN, Partai Hanura, PKPI, PBB, PKB, PPP, Partai Gerindra, Partai Nasdem, PKS, PDI Perjuangan dan Partai Golkar.
Kepala Kesbang Pol Linmas Deliserdang, Togar Panjaitan mengatakan, Pemilihan Umum yang akan dilaksanakan pada Tahun 2019  nanti sebagai sarana perwujudan kedaulatan rakyat serta sarana aktualitas partisipasi masyarakat sebagai pemegang kedaulatan dan penentuan jabatan publik.
Koordinator Divisi Sosialisasi Dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Deli Serdang Boby Indra Prayoga menerangkan raker dab simulasi penghitungan alokasi kursi jelang Pemilihan Umum Tahun 2019 sesuai UU No 7 Tahun 2017. "Melalui raker ini kita menerima masukan dari unsur Pemerintah Daerah, DPRD, Tkoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Akademisi sertai Parpol," kata  Boby.
Sementara, untuk data jumlah penduduk Kabupaten Deliserdang pada Pemilihan Umum Tahun 2019 mengalami perbedaan bila dibandingkan jumlah penduduk pada Pemilihan Umum Tahun 2014 lalu.
"Pada pemilihan Umum Tahun 2014 lalu jumlah penduduk Kabupaten Deliserdang  mencapai 1.847.332 namun untuk data pemilih Tahun 2019 dari Diroktorat Dukcapil Kemendagri ini turun menjadi 1.791.677 pemilih, yang artinya ada selisih 55.665 pemilih," jelasnya.
Melalui raker ini diharapkan dapat menyerap masukan dari semua unsur sehingga penetapan jumlah dapil sesuai dengan jumlah penduduk di Deliserdang dapat segera dikirim ke KPU pusat.
Sementara, Kabid Pedataan Penduduk Disdukcapil Deliserdang, Alrasudin Kaloko menegaskan ada beberapa faktor yang menyebabkan data penduduk untuk Pemilihan Umum  Tahun 2014 lalu lebih tinggi dibanding Tahun 2019 nanti  karena pada Tahun 2014 masih masih adanya data ganda dan faktor anomaly. (bs/*)
Komentar

Tampilkan

  • KPU Raker Penyusunan Dapil & Alokasi Kursi DPRD
  • 0

Terkini