Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Terjadi Gempa 7,2 SR Goyang Pulau Jawa

12/16/17, 01:46 WIB Last Updated 2020-10-16T09:53:49Z



BUSER-NEWS.COM-JABAR | Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Garut, Jawa Barat, Jumat (15/12/2017) jam 23.45 wib.

Dari hasil Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 23:04:39 WIB dengan kekuatan M=4.5 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 7.29 LS dan 106.69 BT, tepatnya pada jarak 48 Km Barat Daya SUKABUMI-JAWA BARAT pada kedalaman 50 km.

Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan dirasakan di Wilayah Sukabumi dan sekitarnya. 

Berdasarkan laporan masyarakat gempabumi dirasakan di daerah Jampang dan Surade I SIG-BMKG (I-II MMI), Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini merupakan gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia yang mengakibatkan deformasi batuan. (*)




Terasa Juga Di Tasikmalaya

Gempa bumi tektonik juga mengguncang Tasikmalaya, Jumat (15/12) jam 23:04:39 wib dengan berkekuatan 4,5 skala richter dengan episenter terletak pada koordinat 7.29 LS dan 106.69 BT, gempa terjadi di kedalaman 50 km.
Kepala Puusat Gempa dan Stunami, Muhammad Riayadi melalui keterangan tertulis menyebut gempa ini dirasakan di wilayah Sukabumi dan sekitarnya.
"Berdasarkan laporan masyarakat gempa bumi dirasakan di daerah Jampang dan Surade I SIG-BMKG (I-II MMI)," ujarnya.
Ia mengemukakan, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa di Sukabumi. Ia menengarai gempa dengan kedalaman hiposenter 50 km merupakan gempa kedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia. (*)




Yogyakarta Juga Ikut Goyang
Warga di kawasan Jalan Jenderal Sudirman Yogyakarta berhamburan keluar dari bangunan kantor dan hotel saat mereka merasakan gempa pada Jumat (15/12/2017) pukul 23.50 WIB.
“Awalnya terasa pelan tapi lama-lama guncangannya besar makanya langsung lari,” kata seorang satpam kantor malam itu.
Mereka yang tinggal di hotel juga berlarian lewat tangga dan ramai di jalan-jalan. Satu sama lain saling bercerita tentang pengalaman gempa.
Ada juga yang mengingatkan agar jangan dekat-dekat gedung tinggi.(*)
Komentar

Tampilkan

  • Terjadi Gempa 7,2 SR Goyang Pulau Jawa
  • 0

Terkini