Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Pasar Bakti Kirim Satu Truk Sampah Setiap Hari

8/14/19, 11:14 WIB Last Updated 2020-10-28T18:01:03Z

Kacab I PD Pasar Syafrizal Lubis SSos didampingi Kaur Umum Syaiful Ahyar dan staf foto bersama di halaman Pasar Bakti, Medan.

GLOBALMEDAN.COM - MEDAN, Pasar Bakti di  Jalan Bakti Medan, setiap hari mengirim satu truk sampah yang disiapkan PD Pasar Medan. Seperti yang terlihat Senin (12/8) siang, satu truk memuat sampah parkir di halaman Pasar Bakti untuk menjemput sampah di pasar itu.

"Tidaklah satu truk dalam arti sebenarnya, karena sebelumnya dalam truk sudah ada sampah dari tempat lainnya," kata seorang petugas kebersihan pengangkut sampah.

Kepala Pasar Bakti Ir Deki Mandra melalui salah seorang stafnya Diva Ardansyah didampingi Wati Sihombing menginformasikan, Pasar Bakti memiliki potensi 542 lapak pedagang terdiri kios (234), stand (264) dan informal (44). Dalam pengelolaan kebersihan pasar, Pasar Bakti menerjunkan sejumlah pegawai kebersihan yang  bertugas mengutip sampah dari koridor sampai halaman parkir untuk diangkut ke tempat pembuangan akhir.

Pasar Bakti berkomitmen menjaga kebersihan mendukung program Dirut PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya yang mencanangkan "Medan Rumah Kita, Pasar Rumah Pedagang dan Pelanggan" dengan cara menggalakkan program bersih-bersih. Baru-baru ini, Pasar Bakti mengadakan aksi bersih-bersih dengan bergotong royong melibatkan pedagang, pengelola pasar dan mitra.

Adapun aksi bersih-bersih yang dilakukan dengan sasaran pembersihan sampah di koridor, lingkungan pasar, pembersihan drainase, fasilitas umum pasar  dan pengecatan. Gotong royong dipimpin langsung oleh Kepala Pasar Ir Deki Mandra yang diikuti para staf sehingga Pasar Bakti tampak bersih dan nyaman.

 "Aksi bersih-bersih sebenarnya dilakukan secara rutin, bukan hanya dalam rangka Agustusan. Namun khusus menyambut HUT-73 RI kita juga memasang umbul-umbul merah putih," kata Diva di sela menerima kunjungan Kacab I PD Pasar Syafrizal Lubis SSos dan staf.

Syafrizal mengatakan, kunjungan ke sejumlah pasar di wilayah tugasnya dilaksanakan dalam rangka monitoring kebersihan terkait adanya lomba kebersihan pasar yang diselenggarakan PD Pasar. 

"Kunjungan pasar merupakan kegiatan rutin yang kita lakukan untuk monitor kebersihan pasar dan aspek pelayanan lainnya. Semua ini kita lakukan dalam rangka mendukung kebijakan pimpinan perusahaan untuk meningkatkan pelayanan sehingga pasar yang kita kelola harus menjadi rumah yang bersih dan nyaman bagi pelanggan dan pedagang. Kita diminta lebih serius bekerja dalam hal penataan agar pelayanan pasar lebih baik sesuai standar, sebagaimana motto yang dicanangkan Dirut PD Pasar 'Medan Rumah Kita, Pasar Rumah Pedagang'. Karena itulah, motto ini kita implementasikan di lapangan sesuai harapan Pak Dirut," ujarnya.

Sebelumnya Dirut PD Pasar Kota Medan Drs Rusdi Sinuraya kepada kepala cabang pasar jajarannya meminta agar bekerja serius, terutama menangani  permasalahan yang ada di pasar baik dari segi pendapatan dan pelayanan kepada pedagang. Menyemerakkan HUT-74 Kemerdekaan RI pihaknya menggelar program 'Bersih-bersih Sampah' . Program ini, kata dia, merupakan program tahunan untuk menciptakan kondisi pasar tradisional yang nyaman dan layak untuk dikunjungi. "Program Bersih-bersih Pasar ini untuk mewujudkan 'Pasar Adalah Rumah Pedagang dan Milik Kita Bersama'," kata Rusdi Sinuraya.

Menurut Rusdi, program 'Bersih-bersih Pasar' ini serentak dilakukan di seluruh pasar di Medan dikelola PD Pasar. Program ini juga dipertandingkan.

“Kita juga menyiapkan tim penilai. Tujuan program ini sebenarnya untuk memicu kepala pasar-kepala pasar agar pasar yang dipimpinnya terlihat nyaman  untuk dikunjungi," kata Rusdi. (nas)
Komentar

Tampilkan

  • Pasar Bakti Kirim Satu Truk Sampah Setiap Hari
  • 0

Terkini