Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

PD Pasar Kota Medan Jadikan Hari Kemerdekaan Momentum Menata Wajah Pasar

8/15/19, 14:56 WIB Last Updated 2020-10-28T18:01:00Z

Dirut PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya.

GLOBALMEDAN.COM - MEDAN, Aksi bersih-bersih pasar menyambut HUT-74 Kemerdekaan RI yang dicanangkan Dirut PD Pasar Medan Rusdi Sinuraya memasuki babak penilaian. Tim penilai mulai bekerja mendatangi seluruh pasar binaan PD Pasar. Mereka diterjunkan sejak Senin lalu hingga Jumat (16/8) melakukan penilaian terhadap pelayanan pasar dari beberapa aspek, di antaranya penataan stand, kebersihan koridor, sanitasi dan pengelolaan sampah.

Pada hari Rabu (13/8) tim penilai dan konsultan turun di Pasar Inpres Halat, Medan. Tim yang turun terdiri Budi F Putra MAP (Kabag Perencanaan), T Maya Magdina SSos MSP (Kabag SPI), Ir Agus Syahputra (Kabag Umum) dan Waktu Kaban (konsultan) dari PT Inspeksi Sertifikasi. Di sana tim diterima Kepala Pasar Inpres Halat Sri Wahyuni. Tim mengecek TPS, kamar mandi, mushala dan lingkungan pasar.

 Dirut PD Pasar Rusdi Sinuraya mengatakan, tim yang diterjunkan merupakan tim khusus yang dibentuk PD Pasar terdiri dari unsur internal dan  konsultan independen. Unsur internal berasal dari kantor cabang yang ditugaskan untuk menilai pasar di wilayah cabang yang berbeda agar penilaian benar-benar obyektif. Sementara dari kalangan eksternal merupakan konsultan independen yang kompeten dalam bidang penataan pasar.

"Penilai internal  berasal dari tiga kantor cabang yang disebar berbagi tugas untuk mengunjungi 28 pasar di bawah otoritas PD Pasar Medan. Mereka menilai pengelolaan kebersihan koridor, kamar mandi, penataan lapak dagangan hingga pengelolaan limbahnya," ujarnya.

 Dari hasil penilaian lapangan, tim akan menemukan pasar yang terbersih di Kota Medan. Pasar yang terbersih akan mendapatkan penghargaan khusus  yang diserahkan pada acara puncak peringatan HUT -74 Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di halaman kantor PD Pasar Kota Medan. Aksi bersih-bersih pasar, kata Rusdi Sinuraya, merupakan kegiatan rutin di masing-masing pasar yang puncak penilaiannya dilaksanakan setahun sekali berupa program pemberian penghargaan pasar terbersih melalui lomba kebersihan pasar menyambut ulang tahun kemerdekaan.

"Lomba bersih-bersih pasar menyambut hari kemerdekaan sebagai wujud rasa syukur anak bangsa mengisi kemerdekaan sekaligus menjadi momentum untuk melakukan evaluasi penilaian guna meningkatkan kinerja di masa mendatang," katanya.

Rusdi mengharapkan, meskipun perlombaan berakhir, namun pekerjaan bersih-bersih pasar terus berlanjut dan dilaksanakan terus setiap hari.
Tim penilai foto bersama di halaman Pasar Inpres Halat, Jalan Halat Medan.

"Kebersihan pasar harus dilakukan setiap hari bahkan setiap saat sebagaimana kita mengurus rumah kita sendiri. Dengan menanamkan rasa memiliki  pasar seperti rumah sendiri, harapan menjadikan pasar sebagai rumahnya pedagang dan milik bersama akan terwujud. Menjadikan pasar sebagai rumah yang nyaman bagi pedagang dan pelanggan, selaras dengan visi 'Medan Rumah Kita' yang dicanangkan Walikota," paparnya.

Sebagaimana diketahui PD Pasar Medan mengadakan lomba bersih-bersih pasar dalam rangka menyambut HUT-74 Kemerdekaan RI untuk memotivasi kesadaran merawat kebersihan dan ketertiban pasar. Lomba diikuti oleh seluruh  pasar tradisional di jajaran PD Pasar Kota Medan. Setiap pasar didatangi oleh tim juri yang memberikan penilaian terhadap beberapa aspek pelayanan meliputi kebersihan lingkungan, penataan, perawatan fasilitas umum  dan lainnya.

"Manfaat dari kegiatan ini akan sangat dirasakan oleh semua pedagang dan masyarakat. Kita ciptakan pasar yang aman, nyaman, bersih, sehat dan tertata  dengan pengelolaan yang baik," kata Rusdi mengakhiri. (nas)
Komentar

Tampilkan

  • PD Pasar Kota Medan Jadikan Hari Kemerdekaan Momentum Menata Wajah Pasar
  • 0

Terkini