Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

KONI Se-Indonesia Dukung Aceh-Sumut Tuan Rumah PON XXI/2024

9/24/19, 15:25 WIB Last Updated 2020-10-28T17:59:17Z
Perwakilan KONI se-Indonesia menandatangani rekomendasi pada Rakornis Kaukus KONI Provinsi se-Indonesia di Hotel Niagara Parapat, Sabtu (21/9/2019).

GLOBALMEDAN.COM - PARAPAT, Rapat Koordinasi Kaukus KONI Provinsi  se-Indonesia yang digelar Jumat (20/9/2019) hingga Minggu (22/9/2019) di Hotel Niagara Parapat,  Sumut,  tetap mendukung  Papua sebagai tuan rumah PON XX/2024, dan Aceh-Sumut menjadi tuan rumah PON XXI/2024.

Sejalan dengan dukungan tersebut, perwakilan KONI KONI Provinsi di tanah air juga sepakat  menetapkan tiga rekomendasi sebagai bentuk kebersamaan dan majunya prestasi olahraga Indonesia menuju prestasi dunia.

Rekomendasi yang ditandatangani perwakilan 25 dari 34 KONI  Provinsi di tanah air,  selanjutnya diteruskan kepada Pemerintah dan KONI Pusat.

Ketiga Rekomendasi yakni meminta Pemerintah Pusat segera merevisi PP No 17 Tahun 2007 Pasal 12 Ayat 3 “Menteri menetapkan 1 (satu) Pemerintah Provinsi sebagai tuan rumah pelaksanaan PON dengan memperhatikan penilaian Musornas”, selanjutnya “Menteri menetapkan lebih dari 1 (satu) Pemerintah Provinsi sebagai tuan ru mah pelaksanaan PON dengan memperhatikan penilaian Musornas” sebagai dasar hukumnya.

Permintaan Revisi PP No 17 Tahun 2007 ini dimaksudkan sebagai upaya mempercepat pembangunan sarana dan prasana olahraga khususnya di Aceh dan Sumut yang menjadi tuan rumah PON XXI/2024.

Dengan kata lain, Aceh-Sumut butuh “payung hukum” untuk melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana PON XXI/2024.

Butir rekomendasi kedua, seluruh provinsi di tanah air meminta PON XX/2020 di Papua tetap mempertandingkan 47 cabang olahraga.

Hal tersebut sesuai SK Ketua Umum KONI Pusat No 24 Tahun 2019 tentang Penyempurnaan Kedua Surat Keputusan KONI Pusat No.72 Tahun 2018 tentang penetapan cabang olahraga, nomor pertandingan/perlombaan dan kuota setiap cabang olahraga PON 2020 Papua.

Rekomendasi ketiga menyebutkan, apabila tuan r umah PON XX/2020 hanya mampu melaksanakan 37 cabang olahaga, maka cabang olahraga yang tidak dipertandingkan di Papua agar tetap dipertandingakan di provinsi l ain menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan PON XX/2020.

Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis yang memimpin persidangan Rakor bersama Ketua Kaukus KONI Djamhuron P Wibowo bersyukur dan gembira, Rakor yang langsung dibuka  Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman dan turut dihadiri Wakil Ketua Mayjen TNI (Purn) Suwarno, Kadisporasu H Baharuddin Siagian SH MSI mewakili Gubsu dan Kadispora Aceh Dedy Yuswadi mewakili Gubernur Aceh berlangsung lancar. Rekomendasi yang dihasilkan juga sebagai wujud bentuk kekompakan dan keinginan bersama agar olahraga Indonesia lebih maju menuju prestasi dunia.

Terkait rekomendasi ketiga tentang cabor yang tidak dipertandingkan di Papua agar dapat digelar di Provinsi lain, dan tetap menjadi bagian dari PON XX/2020, baik John maupun Djamhuron sama menyebutkan,  hal tersebut merupakan usulan dari KONI se-Indonesia. Sebagai adanya pengurusan cabang olahraga justru di saat banya cabor sudah Kejurnas / Pra PON.

“Itulah usulan KONI se-Indonesia. Namun kami yakin Pemerintah Pusat-KONI Pusat dan PB PON akan memerikan solusi terbaik.

Meriah
 
Rakor Kaukus KONI Provinsi  se-Indonesia di Parapat berlangsung meriah. Para peserta tidak sekadar melaksanakan rapat di ruang tertutup, tapi juga diajak keliling Danau Toba.

Dengan menggunakan kapal penyebrangan yang sebelumnya juga pernah digunakan Presiden Jokowi saat berkunjung ke Parapat, para peserta menikmati pesona luar biasa dari Danau Toba yang sempat masuk dalam tujuh keajaiban dunia  itu.

Peserta Rakor dibawa  menyaksikan “Batu Gantung”, selanjutnya ke Tomok, dan mereka makan siang bersama di atas kapal. Wakil Ketua I KONI Pusat Suwarno dan perwakilan KONI Provinsi, tidak ketinggalan manortor saat menyaksikan sigale-gale.

Setelah puas bekeliling Danau Toba, Sabtu (21/9/2019) malam para duta KONI se-Indonesia kembali dijamu “durian party”.

“Sumut memang luar biasa.Kami sangat terkesan dengan Rakor kali ini,” ujar  Ketua KONI Banteng Brigjen Pol  (Purn) Rumiah Kartoredjo mewakili para peserta.

Wakil Ketua I KONI Pusat Suwarno pun tersenyum puas. Mantan Paspamres ini bahkan tidak ketinggalan menyumbangkan dua lagu favoritnya.

Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis beserta Sekum Drs Chairul Azmi Hutasuhut MPd dan Ketua Panpel Prof Agung Sunarno menyampaikan terimakasih kepada semua peserta.
Mereka juga mohon maaf jika ada kekurangan selama pelaksanaan Rakor. (Bambang)
Komentar

Tampilkan

  • KONI Se-Indonesia Dukung Aceh-Sumut Tuan Rumah PON XXI/2024
  • 0

Terkini