Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Pemakaman BJ Habibie

9/13/19, 06:03 WIB Last Updated 2020-10-28T17:59:57Z


GLOBALMEDAN.COM - JAKARTA, Presiden Joko Widodo menjadi inspektur dalam upacara pemakaman presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019) siang.

Jenazah Habibie dibawa ke tempat peristirahatan terakhir oleh pasukan pengamanan presiden. Setelah itu, dibacakan biografi singkat terkait perjalanan karier hingga prestasi Habibie.
Lalu Jokowi pun memimpin dimulainya upacara pemakaman. Sebagai inspektur upacara, Jokowi membacakan apel persada di depan pusara Habibie.
"Saya Presiden RI atas nama negara, bangsa, dan Tentara Nasional Indonesia dengan ini mempersembahkan ke persada ibu pertiwi jiwa raga dan jasa-jasa almarhum: nama Prof Ir Bacharuddin Jusuf Habibie," kata Jokowi.

Jokowi turut mendoakan agar Habibie dapat diterima di sisi-Nya. Setelah itu, jenazah Habibie diantarkan ke tempat peristirahatan terakhir. Wakil Presiden Jusuf Kalla serta para mantan presiden dan wakil presiden ikut hadir dalam upacara pemakaman ini.

Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono hadir bersama kedua putra Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono. Presiden kelima Megawati Soekarnoputri juga datang ke TMP Kalibata.

Selain itu, istri presiden keempat Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah, juga datang bersama kedua putri Yenny Wahid dan Anita Wahid. Mantan wakil presiden Boediono, Try Sutrisno, dan Hamzah Haz juga tampak ikut melepas Habibie ke tempat peristirahatan terakhir.

Selain itu, hadir juga para menteri, kepala lembaga, anggota DPR, hingga masyarakat umum.

Sebelum diberangkatkan ke TMP Kalibata, jenazah BJ Habibie terlebih dahulu diserahkan ke pemerintah melalui upacara di rumah duka Jalan Patra Kuningan XIII/3 Jakarta Selatan, pukul 12.30 WIB.

Kemudian, jenazah diberangkatkan sekitar pukul 13.00 WIB dari rumah duka menuju TMP Kalibata.

Sementara itu, banyak warga yang menyambut iring-iringan mobil jenazah Habibie sepanjang keluar dari rumah duka hingga TMP Kalibata. Mereka mengabadikan iring-iringan kendaraan yang membawa BJ dengan kamera handphone.

Banyak juga warga yang memberikan hormat terakhir kepada BJ Habibie seraya mengucapkan selamat jalan. "Selamat jalan profesor, selamat jalan Pak Habibie...."

Memasuki area TMP Kalibata, jalanan mulai menyempit karena warga yang makin banyak mengabadikan iring-iringan jenazah BJ Habibie.

Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie wafat pada Rabu (11/9/2019) pukul 18.03 WIB.

Habibie meninggal dunia karena sudah berusia tua sehingga sejumlah organ dalam tubuh mengalami degenerasi. Salah satunya adalah jantung. (nt)
Komentar

Tampilkan

  • Presiden Jokowi Pimpin Upacara Pemakaman BJ Habibie
  • 0

Terkini