Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Sumut Optimis Basket 3x3 Raup Medali di PON 2020

9/04/19, 01:05 WIB Last Updated 2020-10-28T18:00:20Z

GLOBALMEDAN.COM - MEDAN, Kontingen basket putra 3x3 Sumatera Utara memastikan diri tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 Papua. Hasil itu diperoleh setelah pada Prakualifikasi PON 2019 di Jakarta pada 17-18 Agustus lalu, mampu menjadi tim kelima yang lolos ke PON.

Wakil ketua Persatuan Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) Sumut Darsen Song menilai, melirik dari hasil kejurnas Pra PON 2019, peluang Sumut mendulang medali pada PON 2020 sangat besar. Memiliki waktu satu tahun jelang PON dimulai, akan dimaksimalkan Pengprov Perbasi dengan mempersiapkan tim dengan baik.

“Tentunya kami Perbasi Sumut setelah mengkaji hasil Pra PON di Jakarta, kami punya peluang dan mudah – mudahan kami punya waktu satu tahun akan mempersiapkan tim sebagus mungkin. Sehingga nanti di PON Papua, walaupun basket 3x3 baru pertama kali dipertandingkan, kami punya keinginan dan keyakinan bisa meraih medali,” yakin Darsen, Selasa (3/9/2019).

Jika selama ini persaingan cabor basket hanya diperebutkan oleh tim dari pulau Jawa, Darsen menilai justru pada cabor basket 3x3 tim dari luar Jawa lebih mendominasi. Seperti Riau dan Sulawesi Selatan yang secara mengejutkan mampu mengimbangi tim dari Jawa.

“Kalau melihat Pra PON kemairn, tim-tim di luar Jawa itu yang mengejutkan kami seperti Riau dan Sulawesi Selatan gitu loh. Jadi, akan tetapi Riau dan Sulawesi Selatan itu masing – masing punya satu pemain yang menonjol. Kalau kami kan agak merata dan dalam sisa satu tahun ini kami akan berikan latihan khusus, bila perlu banyak uji coba. Kami kaji selama ini kita butuh banyak jam terbang tanding, sehingga supaya bisa berbuat banyak di PON 2020,” jelas Darsen.

Meski belum mengagendakan program latihan khusus seperti ujicoba dan try out, namun dalam waktu dekat Perbasi akan menyusun program latihan demi meningkatkan kekompakan dan permainan tim. “Uji coba belum, karena baru kembali dari Pra PON minggu lalu. Kami coba akan menyusun program PON 2020. Basket di Asia Tenggara bagusnya memang di Filipina dan Indonesia kedua. Sebenarnya Indonesia untuk 3x3 di dunia termasuk gak jelek kali. Kalo 5x5 kita di Asia Tenggara nomor lima lah. Tapi, untuk 3x3 kita belum tentu kalah dari Filipina gitu,” akui Darsen.

Kesuksesan tim putra tidak diikuti oleh tim putri yang harus tersingkir di babak Prakualifikasi. Begitupun, bagi Darsen hal itu tidak menjadi permasalahan bagi Perbasi. Sebab, tim putri memang khusus diproyeksikan menuju PON 2024, kala Sumut dan Aceh menjadi tuan rumah bersama.
“Kami melihat ini adalah peluang untuk 3x3 ini. Karena kalau pemain 5x5 butuh banyak pemain. Karena kalau anak-anak kami usai tamat dari SMA sering menghilang. Sementara di sektor putri sengaja kami kirim junior, karena ini untuk PON 2024,” jawab Darsen.

Pada PON 2020, cabor basket 3x3 akan dipertandingkan secara resmi untuk perebutkan medali, setelah pada PON 2016 Jawa Barat masih dipertandingkan sebagai cabor eksibisi. Karena baru pertama kali akan dipertandingkan secara resmi, pelaung untuk meraih medali tentu sangat besar. Mengingat secara kekuatan masing-masing provinsi juga dinilai merata. (Bambang)
Komentar

Tampilkan

  • Sumut Optimis Basket 3x3 Raup Medali di PON 2020
  • 0

Terkini