Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

ICSB Gandeng PNM untuk Dukung Usaha Pengembangan UKM di Karo

10/15/19, 19:44 WIB Last Updated 2020-10-28T17:59:01Z


GLOBALMEDAN.COM- Kabanjahe, Perekonomian Indonesia harus bangkit. Nah, untuk bangkit dan membantu masyarakat Pra Sejahtera maka Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terpanggil untuk membantu pemerintah setempat dalam hal membangkit semangat berwirausaha. Sebut saja BUMN itu PT. Permodalan Nasional Madani (PNM).

Korwil Internasional Council for Small Business (ICSB) Sumut Ir Deni Faisal Mirza MM telah menggandeng PT.PNM cabang Kabanjahe untuk mensosialisasikan dan sekaligus menggelar seminar tentang Program membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (MeKaar),di Aula Mesjid Agung Kabanjahe, Sabtu (12/10) pagi.


Ketua ICSB Medan Ir Rena Arifah MSi, mengaku juga penggiat Lingkungan Hidup.  Pihaknya telah berhasil mengubah peluang sampah organik bisa menjadi Briket Arang Sehat.
Menurut Rena Arifah bahwa, jika ada para Pelaku UKM didaerah ini bisa mengikuti jejaknya. Minimal dalam kegiatan ini, kita telah berupaya membantu pemerintah dalam hal mengurangi debit Sampah Rumah Tangga.

Dengan cara mengelola sampah itu menjadi Briket Arang sehingga para ibu rumah tangga bisa mendapat  keuangan tambahan bagi keluarga. Jadi benar juga apa dikatakan orang bahwa Hasil tidak akan lari dari jerih upaya yang telah dilaksanakan, aku Rena yang juga Dosen di Univa Medan.

Ahmad Riyansyah menambahkan jika ingin berhasil dalam berwirausaha harus ditanamkan dalam diri para peserta seminar ada tiga prinsip yakni Mengenal adanya Tuhan, Mengenal Nabi kita, Mengenal diri kita selaku hambanya maka setelah disinkronkan maka Hasil dari jerih upaya akan mebuahkan hasil yang baik, terang Sarjana Ekonomi Islam ini pada para peserta seminar.

Sementara itu, PT PNM Gabbeta Solin menyatakan pihaknya siap membantu dan siap melaksanakan pendampingan Usaha hingga bisa dan layak diberikan pendanaan. Pendanaan akan dilaksanakan apabila para ibu-ibu keluarga Pra sejahtera ingin atau mempunyai jiwa untuk berwiraswasta dengan cara berkelompok dan masing-masing kelompok akan diberikan pendampingan dan pelatihan terhadap jenis usaha yang bakal digeluti atau yang telah digeluti untuk diberikan bantuan pendanaan.


Menurut Ir Deni Faisal Mirza MM, dengan terbentuknya Internasional Council for Small Business (ICSB) Indonesia adalah organisasi PBB yang berpusat di Washinton DC dengan nonprofit ini telah memilik anggota sebanyak 85 negara yang fokus pada pemberdayaan usaha kecil dan menengah (UKM) serta penyebaran semangat kewirausahaan.

Untuk saat ini pihaknya telah berhasil membentuk ICSB hingga 9 kabupaten/ kota yang ada di Provinsi Sumatera Utara ini antara lain Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Batubara, Madina, Karo, Kisaran, Binjai dan Langkat.

Deni Faisal Mirza, berharap dengan adanya ICSB ini dapat menjadi Payung organisasi yang diintegrasikan dengan beragam kegiatan yang professional yang berhubungan langsung dengan bisnis kecil dapat terus berkembang dan bisa mengambil peran ke dalam bisnis Global atau mancanegara.

Nah untuk itu, ICSB Korwil Sumut akan melibatkan keempat pilar utama yang bisa menjadikan UMKM itu lebih maju dan berdaya saingan dengan luar negeri yakni Pihak Akademisi, Pihak Peneliti atau Ilmuwan, Pihak Pemerintah dan Pihak Pelaku Bisnis.

Nah keempat pihak diharapkan dapat sinkron sehingga para Penggiat UMKM yang ada didaerah ini lebih terpacu untuk berinovatif dan berkreasi dalam hal meningkatkan mutu, kualitas hingga kuantitas produk yang berdaya saing di pasar Global, harap Deni Faisal Mirza.


Hadir sebagai narasumber yakni dari ICSB Medan Ir Rena Arifah Msi, ICSB Madina Ahmad Riyansyah SEi,ME, PT. PNM Cabang Kabanjahe melalui Kasi Pelayanan dan Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah Gabbeta Solin dan ICSB Karo Fitri Sembiring.  (Edi Sukarno)

Komentar

Tampilkan

  • ICSB Gandeng PNM untuk Dukung Usaha Pengembangan UKM di Karo
  • 0

Terkini