Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Pangdam I/BB Gelar Acara Bakti Sosial dengan Tanam 5.000 Pohon Mangrove di Pantai Labu

10/13/19, 18:50 WIB Last Updated 2020-10-28T17:59:03Z

GLOBALMEDAN.COM, PANTAI LABU - Untuk mencegah abrasi air laut ke daratan dan juga menjaga kelestarian hidup Maka Pangdam I/BB Mayjen TNI MS. Fadhilah didampingi Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid Kacung, Pangkosekhanudnas III Marsma TNI Djohn Amarul dan Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto serta Danrem 022/Pantai Timur Kolonel Inf R. Wahyu Sugiarto telah melaksanakan Acara Bakti Sosial TNI dengan menanam 5.000 Pohon Mangrove di wilayah Pantai Muara Serdang Kec. Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang Senin, (7/10) kemarin.

Menurut Pangdam I/BB,  Penanaman 5000 batang mangrove merupakan rangkaian HUT TNI yang Ke 74 dan penanaman atau reboisasi ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia ini. Pangdam I/BB menilai dengan adanya penanaman tanaman mangrove agar dapat tumbuh dan bermanfaat sebagai penyerap polutan, pencegah abrasi air laut ke darat,. Tidak hanya itu menurut penelitian dan pendidikan, bahwa keberadaan tanaman mangrove bisa menyerap karbon, sehingga kawasan ini bisa menjadi wisata alam, tempat pemijahan aneka biota laut, harap Pangdam.

Berdasarkan penelitian bahwa wilayah Indonesia hutan Mangrove yang terluas, mencapai 20% dari luas hutan Mangrove dunia dan memiliki keanekaragaman hayati yang terbesar serta strukturnya paling bervariasi. Semoga dengan adanya pelestarian tanaman mangrove bisa menjadi warisan alam yang sangat luar biasa ini memberikan tanggung jawab besar bagi bangsa ini.



 

Pangdam Mengaku sangat atensi dan menaruh perhatian besar akan kelestarian ekosistem Mangrove dikarenakan memiliki banyak fungsi dan manfaat antara lain sebagai pelindung erosi dan abrasi air laut, penyangga dan pencegah intrusi air laut tempat berlindung/berkembang biaknya berbagai jenis fauna dan biota laut, sumber pendapatan masyarakat (berupa ekowisata, pemanfaatan kayu dan non kayu) penyiapan karbon serta sebagai mitigasi bencana, ungkapnya.

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan pelaksanaan pelestarian mangrove adalah Perpres 73 tahun 2012 tentang strategi nasional pengelolaan ekosistem mangrove dan Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian no 4 tahun 2017 tentang kebijakan, strategi, program dan indikator kinerja pengelolaan ekosistem mangrove nasional serta Hari Lahan Basah Sedunia.(tutup Pangdam)
Turut hadir pada acara tersebut Aster Kasdam l/BB Kol. Inf Parluhutan Marpaung, Kapendam l/BB Kol. Inf Zeni Zunaidhi, Pabandya Pam Sintel Kodam l/BB, Dandim 0204/Deli Serdang, Kasiter Korem 022/Pantai Timur, Bupati Deli Serdang dan Kajari Deli Serdang. (Edi)
Komentar

Tampilkan

  • Pangdam I/BB Gelar Acara Bakti Sosial dengan Tanam 5.000 Pohon Mangrove di Pantai Labu
  • 0

Terkini