Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Harimau Terkam Lembu Warga Timbang Lawan Kabupaten Langkat

11/02/19, 15:59 WIB Last Updated 2020-10-28T17:58:29Z




GLOBALMEDAN.COM, LANGKAT- Dikabarkan telah sepekan, Si raja Hutan (Harimau) kembali masuk perkampungan  dan berhasil menyantap sejumlah lembu kepunyaan warga di Desa Timbang Lawan, Kecamatan Bahorok, Langkat. Pasalnya, sejumlah warga setempat kembali dihebohkan adanya penemuan bangkai anak lembu yang diduga kuat menjadi mangsa harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae). 

Menurut Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wil V Bahorok TNGL, Palber Turnip, mengatakan, kejadian kali ini berjarak sekitar 1 km dari penemuan bangkai lembu milik Jumingin dan 500 meter dari batas kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). 

Pada Jumat (1/11/2019) pagi, pihaknya menerima laporan dari warga masyarakat bahwa lembunya telah diterkam harimau. Pihaknya langsung mengecek ke lokasi dan menemukan tulang belulang dan tengkorak lembu. Tulang belulang itu berserakan di beberapa titik di antara kebun kelapa sawit.

Sementara hasil temuan pihaknya tulang tengkorak lembu sudah tinggal setengahnya. sebagian belakangnya tidak ditemukan. Kulitnya kepala lembu telah terkelupas dan dikerubungi lalat. "Kalau lihat kondisi bangkai, sekitar malam kemarin setelah bangkai yang sebelumnya sudah habis dimakan," ujar Palber, Jumat (1/11/2019).  

Bangkai yang sebelumnya habis dimakan itu adalah bangkai lembu milik Jumingin, lima hari kejadian sebelumnya. Dengan adanya temuan yang berulangnya, pihaknya bersama mitra dan masyarakat berada di lokasi untuk menenangkan warga.

Selain itu, pihaknya juga akan memasang camera trap untuk mengetahui apakah harimau yang memangsa anak lembu milik Amat ini merupakan harimau yang sama. "Mengingat jaraknya hanya 1 km dengan kejadian sebelumnya," kata dia.

Ketika ditanya mengenai bangkai lembu milik Jumingin, Turnip mengirimkan video berdurasi 9 detik, hasil rekaman dari camera trap yang dipasang mereka sebelumnya. Di dalam video hitam putih itu, tampak harimau muncul dari balik semak-semak dan memakan bangkai tersebut

 "Ada 3 kali dia kembali dan sekarang tinggal tengkorak," kata dia.  Diberitakan sebelumnya, Jumingin, warga Dusun Pulo Pisang, Desa Timbang Lawan, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, kembali kehilangan lembu karena dimangsa harimau sumatera untuk ketiga kali. 

Pertama pada 2014, kedua pada Agustus 2018, dan tahun ini diperkirakan pada Sabtu (26/10/2019).  Pihaknya belum mengetahui apakah harimau yang memangsa pada Sabtu itu merupakan harimau yang sama telah menyerang pada 2014 dan 2018 lalu. ( kc/ Edi Sukarno)



Komentar

Tampilkan

  • Harimau Terkam Lembu Warga Timbang Lawan Kabupaten Langkat
  • 0

Terkini