Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Pilkada Medan, Masyarakat Karo Bersatu Mufakat Usung Rusdi Sinuraya

12/19/19, 16:23 WIB Last Updated 2020-10-28T17:58:12Z


GLOBAL MEDAN.COM, MEDAN- Seluruh elemen masyarakat Karo yang ada di Kota Medan, menggelar musyawarah  menyikapi Pilkada 2020 bertempat di Istana Koki, Jalan Cik Ditiro Medan, Rabu (18/12/2019). Dalam musyawarah yang dimotori Pemuda Merga Silima (PMS) Medan itu, mereka bersepakat mendukung Rusdi Sinuraya sebagai bakal calon (balon) Wakil Walikota Medan. "Orang Karo sangat rasional dalam menyikapi politik Pilkada. Karena itulah pilihan kita dengan tekad yang bulat jatuh pada Rusdi Sinuraya," kata Ketua PMS Medan Mbelin Brahmana.

Acara urun rembug masyarakat Karo dilanjutkan dengan deklarasi dukungan pada Rusdi Sinuraya sebagai calon wakil walikota Medan. Musyawarah dan deklarasi itu dihadiri tokoh dan perwakilan organisasi kemasyarakatan Karo diantaranya, PMS Kota Medan, PMS Pusat, Kamka, HMKI Medan, GRNI Medan-Sumut,  IMAKA USU, Pemuda Barisan Karo, Ikatan Cendikiawan Karo, Lembaga Karo Ersinalsal dan perwakilan anggota DPRD Medan dari masyarakat Karo. Sementara deretan tokoh yang hadir antara lain Prof Sukaria Sinulingga, Prof Meneth Ginting, Wara Sinuhaji dan lainnya.

Menurut Mbelin Brahmana, mengambil keputusan penting dengan musyawarah adalah  budaya masyarakat Karo. Termasuk soal pemilihan calon pemimpin yang hendak diusung. "Kami punya sikap yang cermat dan cerdas berdasarkan keputusan bersama. Sudah 400 tahun sejak Guru Patimpus memimpin dan membangun Kota Medan, belum pernah lagi orang Karo memimpin. Sekaranglah saatnya karena telah muncul kader terbaik kita Rusdi Sinuraya yang kepemimpinannya sudah teruji di lapangan. Sebagai Dirut PD Pasar Medan gebrakannya menuai pujian, gaya kepemimpinannya disukai pedagang dan semua orang," tuturnya.

Meski demikian, tambah Mbelin, pihaknya juga harus rasional, Kota Medan bukan cuma milik orang Karo dan melalui pertimbangan yang cermat, untuk Kota Medan pihaknya merasa lebih arif dan bijak jika Rusdi  sebagai nomor dua saja. "Hal ini menjelaskan orang Karo tidak tamak terhadap kekuasaan melainkan disasari niat tulus ingin membangun kota serta berdasarkan pertimbangan rasional," paparnya.

Sebelumnya, Sekretaris Umum DPP PMS  Benteng Ginting MSi menyatakan, masyarakat Karo di Medan dan daerah lainnya yang sedang menghadapi Pilkada serentak 2020, harus bersatu padu. "Harus solid mengusung tokoh Karo dan memenangkannya. Orang Karo terkenal akan kegigihan dan daya juangnya serta kesantunannya menjaga adat budaya. Tokoh Karo merupakan aset Sumatera Utara  dan sangat tepat sebagai pemimpin untuk semua golongan," tuturnya.


Dalam kesempatan itu semua perwakilan elemen masyarakat dan sesepuh masyarakat Karo yang hadir masing-masing menyampaikan pendapat dan masukan. Secara umum mereka merindukan kepemimpinan dari masyarakat Karo yang ratusan tahun absen dari tampuk kepemimpinan Kota Medan, padahal yang membuka kota itu menurut sejarahnya nenek moyang orang Karo. Secara khusus, mereka minta bila kelak Rusdi Sinuraya  memimpin Kota Medan harus benar-benar menjaga amanah dengan jujur dan bertanggung jawab. Terpenting harus tetap menjaga kelestarian budaya dan adat yang sangat dijunjung tinggi orang Karo.

Rusdi Sinuraya yang malam itu didaulat untuk menanggapi pernyataan sikap elemen masyarakat Karo yang mendukungnya, mengaku sangat terharu atas dukungan yang demikian besar terhadap dirinya. "Saya merasa tergugah dan menemukan spirit yang luar biasa atas dukungan yang terus mengalir hingga hari ini, bahkan kelompok masyarakat berasal dari luar etnis Karo seperti Jawa, Minang dan lainnya, ikut memberikan dukungan. Malam ini masyarakat Karo bersatu padu menyatakan dukungan terhadap diri saya. Ini  merupakan kehormatan yang harus saya pikul dengan kesungguhan dan tanggungjawab. Medan butuh pemimpin yang tak hanya punya kemampuan leadership yang mumpuni. Medan butuh pemimpin yang strong leadership.  Dengan adanya   spirit dukungan masyarakat Karo dan elemen masyarakat lainnya membuat saya yang dibesarkan di lingkungan keluarga pedagan yang gigih berjuang dan pekerja keras, semakin kuat untuk mewujudkan aspirasi semua pendukung saya," kata Rusdi haru dengan mata berkaca-kaca didampingi isteri tercinta. ( nasib ts)
Komentar

Tampilkan

  • Pilkada Medan, Masyarakat Karo Bersatu Mufakat Usung Rusdi Sinuraya
  • 0

Terkini