Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Tingkatkan Ketakwaan, Undhar Sembelih 15 Hewan Kurban

8/02/20, 14:37 WIB Last Updated 2020-10-28T17:57:27Z
GLOBALMEDAN.COM,MEDAN-

Universitas Dharmawangsa (Undhar) sembelih 15 hewan kurban di Kampus II (seberang kampus utama) Jalan Yos Sudarso Medan, Sabtu (1/8/2020).

Penyembelihan hewan kurban itu terdiri dari 14 bantuan sivitas akademika dan 1 ekor sumbangan dari Bank Syariah Mandiri.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Yayasan Pendidikan Dharmawangsa Medan H Muzakir Salam SE, Rektor Undhar Dr Kusbianto MHum, Sekretaris Yayasan Dra Farida Hanum Nasution MAP, Ketua Panitia Kurban Ahmad Syamsuri yang juga Wakasek SMA Dharmawangsa.

Ketua Yayasan Pendidikan Dharmawangsa Medan
Muzakir mengatakan, setiap tahunnya Yayasan melakukan pemotongan hewan kurban yang berasal dari dosen dan karyawan di lingkungan Dharmawangsa.

Tahun ini hewan kurban yang telah disembelih dibagikan kepada warga di lingkungan sekitar kampus terutama bagi masyarakat terdampak Covid-19.

“Semangat berkurban hewan tampaknya semakin meningkat setiap tahunnya dan hendaknya semakin menanamkan semangat kepedulian sosial," kata Muzakir.

Menurutnya semangat berkurban seharusnya tidak berhenti pada kurban hewan, melainkan meluas pada kepedulian sosial yang berkelanjutan, sehingga jumlah dermawan semakin untuk mengatasi problem kemiskinan saat ini.

Kemudian para dermawan hendaklah merasakan betul-betul kewajiban mereka untuk membantu orang-orang miskin, karena pada hakikatnya bukan orang miskin saja yang berhajat kepada mereka, tetapi orang kaya juga sebenarnya berhajat kepada orang miskin.

Rektor Undhar Kusbianto mengatakan, Hari Raya Idul Adha merupakan momentum penting bagi umat Islam.

Perayaan tersebut, dilakukan dengan adanya pemotongan hewan kurban lalu dagingnya dibagi kepada masyarakat terutama masyarakat kurang mampu.

"Banyak hikmah yang dapat diambil dari prosesi kurban ini di antaranya dapat meningkatkan ketakwaan diri kepada Allah SWT, dan berbagi kebaikan kepada sesama" katanya.

Ia berharap pendistribusian daging kurban ini dapat membantu masyarakat yang kekurangan makanan terkhusus asupan protein dari daging sapi atau kambing.

"Diharapkan dengan jumlah hewan kurban tersebut dapat membantu banyak masyarakat yang kekurangan, apalagi di situasi pandemi Covid-19 ini," tutupnya.

Lanjut Kusbianto, Idul Adha atau hari raya qurban disambut bahagia dan suka cita oleh seluruh umat muslim tak terkecuali bagi keluarga besar Universitas Dharmawangsa turut melaksanakan Ibadah qurban yang rutin dilaksanakan setiap tahun di bulan Dzulhijah.

Sehari sebelumnya, keluarga besar Undhar dan masyarakat sekitar kelurahan  Pulo Brayan Medan melaksanakan salat Idul Adha dengan Khatib Prof Dr Lahmuddin Lubis di Mesjid As Salam Kampus Undhar. (tanai)
Komentar

Tampilkan

  • Tingkatkan Ketakwaan, Undhar Sembelih 15 Hewan Kurban
  • 0

Terkini