Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Jokowi Minta Food Estate di Sumut Ditanami Kentang dan Bawang

10/27/20, 23:36 WIB Last Updated 2020-10-28T17:56:29Z


HUMBAHAS - Presiden Jokowi menyatakan lahan yang akan digunakan untuk lumbung pangan atau food estate di Sumatera Utara berada di empat wilayah terpisah. Berada di area 60 ribu hektare, lahan food estate di Sumatera Utara itu nampaknya punya karakteristik berbeda dengan yang ada di Kalimantan Tengah.


Letaknya, kata Jokowi, ada di Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kabupaten Pakpak Bharat.


“Tersebar, tetapi di provinsi Sumatera Utara," kata Jokowi saat meninjau lahan food estate di Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Selasa 27 Oktober 2020.


Jokowi sendiri baru pertama kali ke proyek food estate di Sumatera Utara ini, setelah dua kali sudah meninjau proyek yang sama di Kalimantan Tengah. Dari total lahan, 30 ribu hektare digunakan betul-betul untuk bercocok tanam.


Berbeda dengan Kalimantan Tengah, di Sumatera Utara komoditas selain padi, menjadi unggulan untuk ditanam.


"Dan yang akan ditanam di sini, seperti kita lihat, ini adalah tempat dimulainya food estate di Provinsi Sumatera Utara yaitu untuk tanaman pertama, kentang, kedua bawang merah, ketiga bawang putih," ujarnya.


Pada kesempatan itu, Kepala Negara juga ingin melihat ke depan model bisnis proyek lumbung pangan ini sesuai dengan proyeksi yang sudah dikaji sebelumnya. Jika sukses, dia berharap, bisa menjadi contoh-contoh bagi daerah lain menerapkan hal serupa di Sumatera Utara.


"Saya rasa, kita ingin melihat model bisnisnya sepeti apa. Proses bisnis yang akan dilakukan di sini seperti apa. Itung-itungannya sudah ada. Ini akan menjadi contoh untuk provinsi-provinsi lain yang ingin membangun food estate," kata dia.


Diketahui, Presiden Jokowi Bersama rombongan terbatas lepas landas menuju Kabupaten Tapanuli Utara dengan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma sekira pukul 07.00 WIB pagi tadi.


Setibanya di Bandar Udara Internasional Silangit, Tapanuli Utara, Presiden langsung menuju Desa Ria-Ria, Kabupaten Humbang Hasundutan dengan menempuh jalur darat.


Di lokasi tersebut, Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan pembangunan kawasan food estate baru yang nantinya akan dikembangkan pertanian modern berbasis hortikultura.


Selepas itu, Presiden juga diagendakan untuk menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat di Stadion Simangaronsang, Kecamatan Doloksanggul. Rencananya, selain dihadiri oleh penerima sertifikat dalam jumlah sangat terbatas, acara penyerahan tersebut juga akan dihadiri oleh penerima lainnya yang mengikuti acara secara virtual.


Kepala Negara beserta rombongan terbatas akan langsung bertolak menuju Jakarta selepas acara tersebut.


Turut serta dalam penerbangan menuju Sumatera Utara di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin. (red)


Komentar

Tampilkan

  • Jokowi Minta Food Estate di Sumut Ditanami Kentang dan Bawang
  • 0

Terkini