Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Satgas Covid-19 Mebidang Prihatin Kesadaran Warga Belawan Rendah Terapkan Prokes

10/24/20, 07:54 WIB Last Updated 2020-10-28T17:56:45Z
GLOBALMEDAN.COM,MEDAN

Kesadaran warga Belawan hingga saat ini masih rendah dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes), sehingga kasus Covid-19 akan selalu menjadi ancaman di tengah penerapan adaptasi kebiasaan baru.

Wakil Ketua Satgas Covid-19 Mebidang Kol Inf Azhar Muliyadi menyebutkan, kali ni kawasan Belawan menjadi titik sasaran operasi protokol kesehatan.

“Berdasarkan informasi yang diperoleh, di kawasan Kecamatan Medan Belawan tingkat kesadaran masyarakat menggunakam masker dan menjaga jarak interaksi masih rendah. Kita prihatin dengan kondisi itu,” ujar Azhar, Kamis (22/10).

Untuk itu puluhan personel gabungan TNI/Polri, Satpol PP, BPBD dan Dinas Pariwisata Kota Medan yang tergabung dalam Satgas Covid-19 Medan - Binjai - Deli Serdang (Mebidang) menggelar razia protokol kesehatan di kawasan Kecamatan Medan Belawan tersebut.

Disebutkannya sekira 1.500-an masker juga dibagikan kepada warga sekitar dan pengendara yang melintas di kawasan itu karena banyak yang tidak pakai masker, terutama saat berkendara.

Menurutnya selama ini mungkin masih lebih fokus di kawasan tengah kota, jadi warga di kecamataan Belawan ini kurang menyadari pentingnya menerapkan prokes covid-19.

“Jadi kita bagi masker sekaligus mengingatkan kepada masyarakat di sana terkait protokol kesehatan,” ujar Azhar, didampingi sejumlah pejabat dari Pemko Medan dan Pemprov Sumut.

Adapun lokasi operasi dilakukan di sekitar Jalan Sumatera dan Jalan Raden Sulian Belawan. Ratusan pengendara sepeda motor, mobil dan penumpang angkutan umum diberikan masker gratis sekaligus diingatkan tentang pentingnya menaati protokol kesehatan, terutama menggunakan masker dan menjaga jarak berinteraksi.

Antusias masyarakat mendapatkan masker gratis terlihat dari banyaknya warga di sekitar lokasi mendatangi petugas yang berada di lapangan. Alhasil kurang dari setengah jam, 1.500-an helai masker habis dibagikan. Kondisi ini pun membuat petugas prihatin, mengingat kawasan tersebut padat penduduk dan aktivitas.

Anggota Tim Satgas Iqbal juga mengaku prihatin banyak yang tidak pakai masker. Dia memperkirakan warga sekitar kawasan ini kurang sosialisasinya, atau ada hal lain.

“ Kita khawatir kalau ada yang kena, bisa menimbulkan masalah baru,” ucap Iqbal

Dari razia gabungan Mebidang di kawasan Kecamatan Medan Belawan tersebut ditemukan berbagai alasan dari warga yang diberikan sosialisasi protokol kesehatan. Sebagian mengaku lupa membawa masker dari rumah, tidak pakai masker karena alasan dekat dari rumah sampai alasan kehabisan masker di rumah dan tidak mampu beli, terungkap dari warga di sekitar lokasi.

Sosialisasi dan edukasi terkait protokol kesehatan ini harus terus diupayakan, sehingga meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memutus rantai penyebaran Covid-19. (swisma)

Komentar

Tampilkan

  • Satgas Covid-19 Mebidang Prihatin Kesadaran Warga Belawan Rendah Terapkan Prokes
  • 0

Terkini