Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

52 Pasar Tak Punya Dokumen Lingkungan, Dinas LH Medan Harus Pro Aktif

11/20/20, 13:44 WIB Last Updated 2020-11-20T06:44:09Z

BUSERSUMUT.COM, MEDAN -  Wakil Ketua Komisi II DPRD Medan Sudari ST, mendesak Pemko Medan melalui Dinas Lingkungan Hidup untuk mengeluarkan dokumen lingkungan terhadap 52 pasar tradisional yang ada di jajaran Perusahaan Daerah (PD) Pasar. 


Penegasan itu ia sampaikan usai menggelar rapat dengar pendapat (RDP) gabungan antara Komisi II dan Komisi III DPRD Medan dengan PD Pasar menyangkut persoalan Pasar Marelan, Selasa (17/11).


Sudari memastikan, ke-52 pasar tradisional yang ada di Kota Medan tidak mengantongi dokumen lingkungan yang mengacu pada Permen LH Nomor 14/2010 tentang Dokumen Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH). Hal itu terkuak saat konstituennya yang berdagang di Pasar Marelan, terdampak dari limbah pasar tersebut.


“Setelah kita panggil PD Pasar, ternyata seluruh aset di Pasar Marelan itu masih dimiliki Pemko Medan, belum diserahterimakan ke PD Pasar. Ada 3 pasar yang kita tahu, Pasar Marelan, Pasar Induk dan Pasar Kampung Lalang. Dan ketiga pasar ini belum ada dokumen lingkungannya,” ketusnya.


Sudari menambahkan, karena Pasar Marelan tidak mengantongi dokumen lingkungan, masyarakat sekitar pasar sangat dirugikan.


“Makanya kita mendesak Pemko Medan serah terima aset di 3 pasar (Pasar Marelan, Pasar Induk dan Pasar Kampung Lalang) tadi. Dan untuk pasar tradisional yang sudah lama beroperasi itu, kita mendesak PD Pasar mengurus dokumen lingkungannya, supaya tidak terjadi masalah-masalah di akan datang. Dan itu juga amanah Undang Undang,” ujarnya.


Kepada Dinas Lingkungan Hidup Medan, politisi PAN Kota Medan ini mendesak untuk lebih proaktif melakukan pengawasan aktivitas pasar tradisional yang ada.


“Kepada Wali Kota Medan berikutnya, saya berpesan agar memilih direktur yang punya komitmen dan peduli terhadap lingkungan pasar yang dikelolanya yang ada di Kota Medan,” tegasnya.


Rapat tersebut akhirnya diskor, sampai batas waktu yang tidak ditentukan, dan Pemko Medan segera menyerahkan surat penyerahan aset yang masih dikelola ke PD Pasar. (ri)


Komentar

Tampilkan

  • 52 Pasar Tak Punya Dokumen Lingkungan, Dinas LH Medan Harus Pro Aktif
  • 0

Terkini