Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Cuaca Ekstrem Melanda, Nelayan Belawan Kesulitan Melaut

11/02/20, 17:08 WIB Last Updated 2020-11-02T10:08:38Z

BUSERSUMUT.COM, BELAWAN - Cuaca ekstrem membuat sejumlah nelayan di kawasan pantai utara Kota Medan mengeluhkan hasil tangkapannya. Hal tersebut juga berdampak terhadap minimnya pasokan ikan ke sejumlah pasar tradisional di Medan, Minggu (1/11).


Sahlan (45), seorang nelayan asal Bagan Deli Belawan menyebutkan, cuaca ekstrem yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir berupa gelombang tinggi dan angin membuat nelayan tidak berani untuk berangkat melaut. Kalau pun dipaksakan tetap berangkat untuk menangkap ikan sambung dia, biasanya ikan hasil tangkapan tidak banyak didapat. ”Kalau sudah musim ombak, nelayan di Belawan ini tidak berani melaut. Apabila tetap dipaksakan, hasil ikan tangkapan pun tak banyak,” ungkap Sahlan. 


Akibat dari berkurangnya para nelayan yang berangkat melaut, pasokan ikan ke pasaran tradisional pun minim. Bahkan, dampak dari minimnya pasokan ikan dari nelayan memicu pada terjadinya kenaikan harga ikan di pasaran. “Bisa dikatakanya kondisi saat ini nelayan lagi terkapar, kalau sudah pasokan ikan berkurang, harga penjualan juga tinggi, rata-rata per kilo ikan naik dari Rp1.000 hingga Rp3.000 per kilo gram,” kata Rahman. 


Abdul Rahman jugamengatakan, saat ini kalangan nelayan berada di pesisir pantai utara Kota Medan memang sedang dilanda musim paceklik. Hal itu sebut dia, dikarena kondisi cuaca belum normal. Walaupun ada nelayan yang tetap melaut hasil tangkapannya masih belum banyak.“Sampai saat ini cuaca masih juga belum mendukung sehingga beberapa minggu ini nelayan belum bekerja normal. Kalau pun ada yang melaut hasil ikannya sangat sedikit,” katanya. 


Soal harga, kata Rahman, dipasaran untuk beberapa pekan ke depan masih akan cukup mahal. Pasalnya, persediaannya juga masih terbatas sedangkan permintaannya tinggi. “Paling banyak tangkapan dari laut hanya 10 kg, malah ada juga yang telah seharian melaut hanya bisa dapat 3 kg saja,” ujarnya. (rl)


Komentar

Tampilkan

  • Cuaca Ekstrem Melanda, Nelayan Belawan Kesulitan Melaut
  • 0

Terkini