Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Menangi Pilpres AS, Joe Biden Ajak Rakyat Amerika Bersatu

11/08/20, 18:32 WIB Last Updated 2020-11-08T11:32:20Z

BUSERSUMUT.COM, DELAWARE -  Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden memenangkan Pemilu Amerika 2020. Dia akan menjadi presiden AS ke-46. Total suara elektor yang diraih Joe Biden melampaui 270. Setelah menang di Pennsylvania.


Sejumlah media AS seperti CNN, NBC, dan Time telah mendeklarasikan kemenangan Joe Biden.


Dilansir Associated Press, Sabtu (7/11), Joe Biden meraih 284 suara. Sedangkan Trump mendapatkan 214 suara. Joe Biden berhasil merebut Pennsylvania yang awalnya diungguli oleh Donald Trump. Suara elektoral Joe Biden diprediksi bertambah jika dia memenangkan Nevada, Georgia, dan Arizona.


Kubu Donald Trump telah mengambil langkah hukum untuk meminta hitung ulang. Mereka juga masih belum mengaku kalah.


Joe Biden bakal menjadi salah satu presiden tertua di AS sepanjang sejarah. Sementara Kamala Harris juga mengukir sejarah sebagai wanita kulit berwarna pertama yang menjadi wakil presiden.


Senator California itu juga orang pertama keturunan Asia Selatan yang terpilih menjadi wakil presiden AS. Dia menjadi wanita yang menduduki posisi tertinggi di pemerintahan setelah empat tahun Trump mengalahkan Hillary Clinton.


Trump adalah presiden petahana pertama yang kalah dalam pemilihan kembali sejak Partai Republik George HW Bush pada tahun 1992.


Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden memohon kepada rakyat Amerika yang terbelah untuk bersatu dan membangun saling pengertian setelah empat tahun kekacauan dan konflik yang ditimbulkan oleh Presiden Donald Trump. Biden mengalahkan Trump dalam pemilihan presiden, mengantongi 284 suara elektoral atau electoral vote, melampaui syarat 270 suara elektoral untuk duduk di Gedung Putih.


Berpidato di kota asalnya di Wilmington, Delaware pada Sabtu malam, Biden juga menyebut para pendukung Trump.


"Saya memahami kekecewaan malam ini. Saya sendiri kalah beberapa kali. Tapi sekarang, mari beri satu sama lain kesempatan," ujarnya, dikutip dari CNN, Minggu (8/11).


"Inilah saatnya untuk menyembuhkan Amerika," lanjutnya.


Biden mengatakan dia sangat tersanjung dengan kepercayaan dan keyakinan yang rakyat Amerika berikan padanya.


"Saya berjanji untuk menjadi presiden yang tidak memecah belah, tapi menyatukan, yang tidak memandang negara bagian merah (Republik) dan negara bagian biru (Demokrat), tapi hanya memandang Amerika Serikat," jelasnya.


"Saya diberi tugas ini untuk membangun kembali jiwa Amerika, untuk membangun kembali tulang punggung bangsa ini, kelas menengah dan membuat Amerika dihormati lagi di seluruh dunia."


Saat Biden mempersiapkan pidato kemenangannya, perayaan kemenangan marak di sejumlah kota besar di seluruh Amerika. Para pendukungnya tumpah ke jalan-jalan, berteriak, bersenandung, bernyanyi, menari, dan melambaikan bendera dan para pengendara membunyikan klakson - menandai kemenangan Biden dan akhir kekuasaan presiden Trump.


Selebrasi kemenangan dimulai dekat Gedung Putih pada Sabtu saat Trump asyik bermain golf di Virginia - memaksanya kembali ke 1600 Pennsylvania Avenue dengan iring-iringan mobilnya melalui kerumunan warga yang sedang merayakan kemenangan Biden. (sumber: merdeka)

Komentar

Tampilkan

  • Menangi Pilpres AS, Joe Biden Ajak Rakyat Amerika Bersatu
  • 0

Terkini