Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Terpilih jadi Presiden AS, Joe Biden Ternyata Anak Sales Mobil

11/08/20, 18:39 WIB Last Updated 2020-11-08T11:39:56Z


BUSERSUMUT.COM, DELAWARE - Calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat Joe Biden akhirnya memenangkan pilpres melawan kandidat petahana Donald Trump setelah unggul raihan suara Electoral Vote di Negara Bagian Pennsylvania. Total Biden sudah meraih 284 Electoral Vote sedangkan Trump masih di angka 214. Perhitungan suara memang masih berlanjut di beberapa negara bagian tapi untuk menjadi presiden terpilih seorang kandidat cukup meraih 270 Electoral Vote.


Biden dengan demikian mencetak sejarah dengan menjadi presiden AS paling tua di usia 78 tahun saat akan dilantik Januari tahun depan.


Joseph Robinette Biden banyak menghabiskan masa mudanya di dunia politik.


Dikutip dari laman Aljazeera, pria kelahiran Scranton, Pennsylvania pada 20 November 1942 itu pada usia 29 tahun sudah memenangkan kursi Senat di Delaware dan dia menjadi salah satu anggota Senat termuda dalam sejarah AS kala itu.

Sebelum itu Biden sudah bekerja sebagai pengacara dan bertugas di dewan kota di Negara Bagian Delaware. Keluarganya yang berasal dari Katolik Irlandia pindah ke Delaware sewaktu dia kecil.


Sebagai putra dari seorang sales mobil, karir Biden di Senat membuat dia mendapat reputasi sebagai moderat yang cukup vokal dan bersedia bekerja sama dengan partai lawan untuk meloloskan suatu undang-undang.


Kritikus mengecam peran Biden dalam merancang undang-undang kejahatan pada 1994 yang dianggap sebagai penyebab peristiwa pemenjaraan massal kaum minoritas.


Ini adalah tahun ketiga Biden ikut maju dalam persaingan kursi kepresidenan. Dia pertama kali pernah maju sebagai bakal calon presiden pada 1988 tapi kemudian mundur setelah mengakui dia menjiplak pidato dari mendiang pemimpin Partai Buruh Inggris, Neil Kinnock.


Pada percobaan kedua Biden digandeng menjadi wakil presiden di era Barack Obama dan Obama menyebut dia "wakil presiden terbaik yang pernah Amerika punya." Biden yang kini berusia 77 tahun menjalani dua periode sebagai wakil presiden Obama. (sumber: merdeka)


Komentar

Tampilkan

  • Terpilih jadi Presiden AS, Joe Biden Ternyata Anak Sales Mobil
  • 0

Terkini