Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Akademisi Saling Lapor Dugaan Plagiat: Rektor Terpilih Kena Sanksi, Rektor USU Dilaporkan

1/17/21, 13:02 WIB Last Updated 2021-01-17T06:02:19Z



BUSERSUMUT.COM, Medan - Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Runtung Sitepu, besama rekan akademisi lainnya dilaporkan atas dugaan plagiat. Informasi tersebut diketahui dari surat dengan Nomor: 218/UN5.1.R2/SDM/2021, tertanggal 11 Januari 2021 yang ditandatangi oleh Wakil Rekrtor II USU, Prof Dr dr Fidel Ganis Siregar, M,Ked (OG),Sp.OG (K).


Wakil Rektor II Universitas Sumatera Utara (USU), Prof Dr dr Fidel Ganis Siregar, mengatakan dirinya hanya meneruskan surat tersebut sebagai tanggung jawab.


“Karena laman tersebut meminta harus diselesaikan dalam waktu 50 hari, jadi persoalan apapun itu harus kita tanggapi,” tuturnya saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Selasa (12/1).


“Misalnya dalam satu kasus saya tidak bisa selesaikan, saya harus lapor rektor dan saya hanya meneruskan. Lapor pak rektor ini ada persoalan begini apa mau kita buat, begitu. Mohon petunjuk, saya mohon petunjuk aja,” sambungnya.


Disebutkan, surat tersebut ditujukan kepada Rektor USU, Runtung Sitepu, dengan jumlah lampiran 1 berkas, perihal pengaduan di website lapor.go.id.


Dalam isi surat tersebut dijelaskan, berdasarkan laporan yang terdapat dilaman lapor.go.id yang terdisposisi ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.


Selanjutnya diteruskan ke Universitas Sumatera Utara (USU), dan salah satunya juga ditembuskan ke Pemerintahan Kabupaten Karo.


Adapun perihal plagiat atas nama, Runtung Sitepu, Mahyudin K.M Nasution, Farhat Maria Kaban, Kharisma Prasetya Adhyatma, Fauriski F. Prafiska, Ginanda Putra Siregar, danSyah Mirsya Warli.


“Kami serahkan berkas laporan ke Rektor Universitas Sumatera Utara untuk dapat ditindak lanjuti selama kurun waktu yang telah ditetapkan oleh lapor.go.id yaitu 50 hari,” bunyi petikan surat tersebut.


Sementara itu, Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Promosi USU Elvi Sumanti saat dikonfirmasi membenarkan terkait laporan dugaan plagiarisme yang dilaporkan masyarakat melalui aplikasi Lapor.go.id.


“Laporan masyarakat itu dibuat di lapor.go.id loo, dan itu benar karena USU mendapat disposisi dari kementerian,” ujar Elvi melalui pesan singkat.


Dikatakan, surat tersebut merupakan surat internal yang dilanjutkan ke pimpinan Universitas Sumatera Utara dalam hal menanggapi laporan masyarakat tersebut.


“Ini surat biasa, kalo ada laporan di lapor (Lapor.go.id),” balasnya singkat.



REKTOR TERPILIH KENA SANKSI


Sebelumnya, Rektor terpilih Universitas Sumatera Utara (USU) Dr. Muryanto Amin S.Sos M.Si dinyatakan telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan plagiarisme, dan di sanksi penundaan pangkat dan golongan selama satu tahun.


Hal tersebut tertuang dalam keputusan Rektor USU yang ditandatangani langsung oleh Runtung Sitepu, dengan surat bernomor : 85/UN5.1.R/SK/KPM/2021 tentang pelanggaran norma etika akademik dan etika keilmuan, tertanggal 14 Januari 2021.


Surat tersebut juga ditembuskan kepada menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia di Jakarta dan Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) USU, serta kepada Ketua senat akademik USU.


Wakil Rektor III USU, Mahyudin Nasution yang dikonfirmasi membenarkan surat keputusan rektor tersebut. ”Iya benar, memang itu surat keputusan (SK) rektor, itu berdasarkan hasil komite etik dan disahkan semalam,” katanya, Jumat (15/1) malam.


Lebih lanjut, dia menyebutkan, dalam sidang komite etik tersebut, juga turut dihadiri rektor terpilih Muryanto Amin, sehingga yang bersangkutan sudah pasti mengetahui keputusan tersebut.


“Sanksi komite ini belum tentu menggagalkan Muryanto sebagai rektor terpilih, karena itu keputusan Majelis Wali Amanat (MWA), jadi kita menunggu perintah MWA, kami hanya menyampaikan sanksi ini saja,” sebutnya.


Selain itu, Mahyudin juga menjelaskan, terkait regulasi penetapan sanksi yang dijatuhkan oleh komite etik, maka hal tersebut tidak mungkin lagi digugat ke MWA.


“Biasanya begitu, karena menurut SK itu, sudah berapa orang yang kita kenakan sanksi, rektor dulu juga pernah melakukan sanksi kepada dosen dan anggotanya. dan inikan pelanggaran dosen bukan calon rektor,” jelasnya.


Sebelumnya diberitakan, rektor terpilih Muryanto Amin diduga melakukan plagiat karya ilmiah, berdasarkan surat keputusan rektor USU Runtung Sitepu,Muryanto disaksi mengembalikan insentif karya ilmiah atas terbitnya artikel berjudul: A New Patronage Network Of Pemuda Pancasila In Governor Elocution Of North Sumatra, yang dipublikasikan pada jurnal man in India. terbit pada September 2017. (wol)

Komentar

Tampilkan

  • Akademisi Saling Lapor Dugaan Plagiat: Rektor Terpilih Kena Sanksi, Rektor USU Dilaporkan
  • 0

Terkini