-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Mulai 2022, Terlambat Ngurus Akta Kelahiran Bakal Didenda

1/08/21, 16:31 WIB Last Updated 2021-01-08T13:38:41Z

BUSERSUMUT.COM, MEDAN - Sanksi administratif atau denda keterlambatan mengurus akta kelahiran di Kota Medan berlaku mulai tahun 2022. Hal itu disampaikan oleh Kepala dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan, Zulkarnain Lubis di ruang kerjanya, Kamis (7/1).  


Zulkarnain Lubis mengatakan, tahun 2021 pihaknya masih fokus kepada tahap sosialisasi."Tahun ini fokus masih tahap sosialisasi. Pemberlakuan denda itu efektif tahun 2022," kata Zulkarnain.


Sanksi denda keterlambatan mengurus akta kelahiran diatur dalam Peraturan Daerah Adminduk yang baru disahkan Desember lalu. Peraturan Daerah yang telah disahkan, katanya, tidak mengatur besaran jumlah denda. Hanya membatasi jumlah maksimal sanksi administrasi. "Kalau Perda kan dia hanya membatasi besaran maksimalnya saja. Sementara untuk besaran angka pastinya diatur di dalam Perwal, untuk saat ini angkanya belum bisa dipublikasikan," katanya.


Terkait adanya permintaan besaran denda keterlambatan pengurusan Akta Kelahiran tidak dijadikan alasan untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Zulkarnain menuturkan bahwa denda diberlakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. "Yang diberlakukan denda itu hanya untuk akta kelahiran, jumlahnya variatif juga. Ada yang sampai Rp 500 ribu untuk orang asing atau WNA (Warga Negara Asing)," katanya. (put)




Komentar

Tampilkan

  • Mulai 2022, Terlambat Ngurus Akta Kelahiran Bakal Didenda
  • 0

Terkini