-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Sejarah Anthem Liverpool You'll Never Walk Alone

1/05/21, 14:28 WIB Last Updated 2021-01-05T07:28:49Z


BUSERSUMUT.COM, LAGU You'll Never Walk Alone (YNWA) sebenarnya bukan lahir di Inggris namun sejarah panjang membuat mereka menyatu dengan klub Liverpool.

Lagu You'll Never Walk Alone sebenarnya ciptaan komposer asal Amerika Serikat Richard Rodgers dan Oscar Hammerstein II. Kemudian dinyanyikan dalam pertunjukkan drama musikal Carousel karya Rodgers dan Hammerstein pada 1945.
Dalam cerita tersebut, YNWA dinyanyikan untuk menghibur Julie Jordan, istri dari Billy Bigelow, pemeran utama pria, yang tewas dalam upaya perampokan. Lagu ini kemudian diputar ulang di adegan terakhir untuk memberi selamat kepada Louise (putri Billy dan Julie) yang telah lulus sekolah.


Liriknya yang dalam dan sarat makna membuat banyak musisi ternama mencoba mempopulerkan ulang. Frank Sinatra, Elvis Presly, dan Johnny Cash pernah merekam ulang lagu tersebut.
Namun, lagu YNWA justru meledak ketika dirilis ulang versi pop oleh band asal Liverpool, Gerry and the Pacemakers pada tahun 1963.

Lagu ini kemudian menguasai puncak tangga lagu Inggris di masa itu.
Karena popularitasnya, pendukung Liverpool mulai menyanyikan lagu ini dalam pertandingan dan tak lama kemudian menjadi "lagu kebangsaan" Liverpool FC.
Namun, beberapa sumber menyebutkan pendukung Liverpool bahkan sudah mulai menyanyikan lagu ini sebelum dipopulerkan Gerry and the Pacemakers.

Pelatih Liverpool Bill Shankly disebut sangat mengagumi lagu tersebut usai mendengarkan rekaman single cover yang diberikan langsung oleh Gerry Marsden, vokalis band Gerry and the Pacemakers.
Gerry Marsden jelas penggemar Liverpool. Namanya juga semakin melambung setelah merilis lagu tersebut dan menjadi anthem atau "lagu kebangsaan" Liverpool sebelum bertanding di medio 1960-an.

Dengan kata lain, Marsden juga tak bisa dilepaskan dari sejarah moto YNWA di Liverpool. Kalimat "You'll Never Walk Alone" terukir abadi dalam Gerbang Shankly (Shankly Gates) sejak 1982.
Selain di Gerbang Shankly, kalimat ini juga tercantum di lambang klub Liverpool sejak 1992 hingga saat ini.

Dalam beberapa kesempatan Marsden diundang menyanyikan langsung lagu tersebut sebelum The Reds berlaga di Anfield.
Beberapa suporter klub Eropa Lainnya, seperti Glasgow Celtic (Skotlandia) dan Borussia Dortmund juga ikut menyanyikan YNWA di tribune stadion, namun lagu ini sudah kadung melekat kepada Liverpool. Kini, Marsden telah tutup usia di usia 78 tahun, namun lagu YNWA yang pernah dinyanyikannya bakal selalu abadi di hati penggemar Liverpool. (red)

Komentar

Tampilkan

  • Sejarah Anthem Liverpool You'll Never Walk Alone
  • 0

Terkini