Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Komjen Agus Andrianto Dijagokan Jadi Kabareskrim

2/17/21, 12:18 WIB Last Updated 2021-02-17T05:18:43Z

BUSERSUMUT.COM, Jakarta - Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery buka suara terkait kabar yang beredar soal pengisi jabatan Kabareskrim. Herman menyebut banyak pihak yang menjagokan Kabaharkam Komjen Agus Andrianto sebagai Kabareskrim baru.


"TR resmi belum ada, tetapi masukan yang saya dengar banyak pihak menjagokan yang bersangkutan," kata Herman saat dihubungi, Rabu (17/2/2021).


Herman belum menjelaskan lebih jauh terkait kabar Komjen Agus Andrianto menjadi pengganti Kabareskrim. Dia sendiri mendukung Komjen Agus Andrianto.


"Banyak pihak menjagokan yang bersangkutan, termasuk saya," ucapnya.


Seperti diketahui, posisi Kabareskrim Polri saat ini belum dijabat siapa pun usai Jenderal Listyo Sigit Prabowo dilantik sebagai Kapolri. Banyak isu terkait nama yang cocok mengisi jabatan Kabareskrim tersebut.


Salah satu yang mengembuskan isu pengganti Kabareskrim datang dari Indonesia Police Watch (IPW).


Ketua Presidium IPW Neta S Pane mengatakan tugas pertama Komjen Sigit setelah dilantik adalah melakukan rotasi besar. Ada dua pos penting yang bakal ikut terkena rotasi.


"Tugas pertama Listyo Sigit setelah dilantik Presiden Jokowi menjadi Kapolri adalah langsung menggerakkan gerbong mutasi besar di tubuh kepolisian, yakni dengan mengeluarkan TR mutasi untuk posisi dua jenderal bintang tiga (komjen), yang otomatis membuat bergeraknya gerbong mutasi besar di tubuh Polri," kata Ketua Presidium IPW Neta S Pane dalam keterangannya, Jumat (22/1).


Dua pos jabatan untuk jenderal bintang tiga yang kosong itu ialah Kabareskrim dan Sestama Lemhannas. Posisi Kabareskrim sebelumnya dijabat oleh Komjen Listyo Sigit, sedangkan posisi Sestama Lemhannas sebelumnya dijabat oleh Komjen Didid Widjanardi, yang kini masuk masa pensiun.


"Dengan adanya dua posisi komjen yang kosong, berarti, begitu Sigit menjadi Kapolri, mantan Kabareskrim itu akan langsung menggerakkan gerbong mutasi besar, termasuk memutasi beberapa kapolda dan menaikkan wakapolda menjadi kapolda," ujar Neta. 


Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane memprediksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo segera mengumumkan sosok Kabareskrim. Jabatan itu kosong lebih dari dua minggu, setelah ditinggalkan Listyo.

 

"Biasanya Rabu atau Kamis Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) sudah selesai dan Jumat diumumkan telegram rahasia (TR)-nya," kata Neta dalam keterangan tertulis, Selasa, 16 Februari 2021.

 

Neta memandang lamanya pemilihan Kabareskrim itu bukan karena adanya tarik ulur kepentingan di tubuh Polri. Melainkan, karena Ketua Wanjakti yakni Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono berhalangan hadir karena sedang sakit dan menjalani perawatan di rumah sakit.

 

"Saat ini sudah pulih dan mulai bekerja kembali," ujar Neta. 

 

Dia mengatakan posisi Kabareskrim merupakan jabatan yang penting dan strategis di tubuh Polri. Posisi itu ujung tombak fungsi penegakan hukum di Indonesia.

 

Kapolri Listyo memiliki wewenang menunjuk sosok Kabareskrim pengganti dirinya. Namun, Neta menilai Listyo tidak mau mengambil risiko menunjuk seseorang yang belum ia percaya untuk menjadi Kabareskrim. 

 

"Tentunya sebagai Kapolri, Listyo akan memilih orang yang betul-betul ia kenal agar konsep presisinya bisa berjalan maksimal," ungkap Neta.

 

Meski begitu, Neta meyakini Listyo telah mengantongi nama calon Kabareskrim. Sehingga, tidak membutuhkan waktu lama untuk menunjuk perwira tinggi (pati) yang dipercaya menjadi Kabareskrim. 

 

"Siapa calon kuatnya, peluangnya memang Kapolri akan menunjuk figur yang dekat dengannya. Tujuannya agar bisa bekerja sama membawa Polri yang lebih presisi. Figur yang bisa penuh membantunya, mengingat ke depan tantangan polri cukup berat, terutama setelah setahun pandemi covid-19 mencengkeram bangsa Indonesia," ujar Neta.

 

IPW memprediksi lima nama menjadi calon kuat Kabareskrim, yakni Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada, Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Alfinta, Kapolda Jawa Barat Irjen Ahmad Dofiri;  Wakabareskrim Irjen Wahyu Hadiningrat, dan Kabaharkam Komjen Agus Andrianto. (dc/mdc)

Komentar

Tampilkan

  • Komjen Agus Andrianto Dijagokan Jadi Kabareskrim
  • 0

Terkini