-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Gelar Pelatihan Budidaya Maggot, Dedi Iskandar Batubara: Majelis Ekonomi Harus Jadi Pencipta Lapangan Kerja

12/14/22, 18:05 WIB Last Updated 2022-12-14T11:05:26Z

MEDAN - Ketua PW Al Washliyah Sumut, H Dedi Iskandar Batubara menegaskan Majelis Ekonomi Al Washliyah Sumut harus menjadi pencipta lapangan kerja bagi masyarakat. Penegasan itu disampaikan Dedi saat membuka pelatihan maggot (black soldier fly) yang dilaksanakan oleh Majelis Pembinaan dan Pengembangan Majelis Ekonomi Al Washliyah Sumut di Stadion Cafe Jalan Jati II, Medan, Selasa (13/12/2022).

Pelatihan dirangkai dengan rapat koordinasi Majelis Pembinaan dan Pengembangan Ekonomi PW Al Washliyah se Sumatera Utara dan Lounching program Umroh Al Washliyah Satu Pesawat (Umwast).

Pelatihan yang berlangsung sehari penuh ini dibuka oleh Ketua PW Al Washliyah Sumut, H Dedi Iskandar Batubara dengan nara sumber Dini Mudliyah, SP, M.Sc.

Dalam sambutannya, Dedi berharap kepada peserta pelatihan untuk benar-benar memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah wawasan dan menjadi peluang bisnis.

Menurut Dedi, dalam kondisi seperti ini, kita tidak bisa berharap banyak untuk menjadi karyawan, TNI, Polri maupun PNS.

"Persaingan yang sangat ketat saat ini membuat kita tidak mempunyai banyak pilihan untuk menentukan karir. Jadi saya berharap kepada warga Al Washliyah untuk menggeser orientasi mencari pekerjaan menjadi menyiapkan pekerjaan. Inilah tugas Majelis Ekonomi dengan mencari peluang-peluang usaha baru," harap Dedi.


Kepada Majelis Ekonomi, Dedi berharap, setelah pelatihan ini harus ada tindak lanjutnya, seperti melakukan pembinaan dan mencari peluang pasar bagi peserta pelatihan.

Diakui Dedi, budidaya maggot memiliki peluang yang sangat potensial dan sangat ramah lingkungan, karena dapat mengatasi permasalahan sampah.
Dedi juga berharap Majelis Pengembangan dan Pembinaan Ekonomi Al Washliyah untuk terus mencari usaha-usaha baru bagi kesejahteraan ummat umumnya dan warga Al Washliyah umumnya.

"Ke depan keberhasilan program kerja Majelis Ekonomi Al Washliyah Sumut diukur dengan keberhasilan menciptakan peluang-peluang usaha baru," ujarnya.

Sementara itu Ketua Lembaga Majelis Ekonomi Al Washliyah Sumut, T.M Yusuf SE MM mengatakan, pihaknya akan menciptakan interpreneur-interpreneur baru dan bergerak dari arus bawah. 

"Kita akan memulainya dari Al Washliyah. Berdasarkan arahan dari ayahanda Dedi Iskandar Batubara, Majelis Ekonomi akan memgawal program ini mulai dari hulu hingga ke hilir," ujar Yusuf.

Hingga saat ini, ujar Yusuf, Majelis Ekonomi sudah menjalankan empat usaha bisnis masing-masing AW Cafe, AW Tour, Umwast dan pelatihan budidaya maggot.


Terkait dengan pelatihan budidaya maggot ini, lanjut Yusuf, Majelis Ekonomi akan melakukan pembinaan kepada peserta pelatihan dari hulu hingga ke hilir. "Dari hulu hingga ke hilir akan kita kawal, mulai dari pembinaan hingga pemasaran. Sehingga ke depan budidaya maggot ini akan menjadi salah satu unit usaha andalan Al Washliyah Sumut," ujarnya.

Sementara itu sebelumnya dilakukan lounching program Umroh Al Washliyah Satu Pesawat (Umwast). Ini juga merupakan salah satu program Majelis Ekonomi melalui Al Wasliyah (AW) Tour.

Terkait program ini, Dedi mengatakan, Majelis Ekonomi sudah berhasil menciptakan ide-ide baru untuk membuka lapangan kerja baru yang halal dan thoyib bagi warga Al Washliyah dan menambah pendapatan baru bagi organisasi.
"Memang harus begitu yang harus dilakukan Majelis Ekonomi. Unit usaha yang telah dirintis tidak boleh stagnan dan harus terus dikembangkan dengan menciptakan ide-ide baru," ujar Dedi.

Sementara itu, Koordinator Majelis Ekonomi Al Washliyah Sumut, Rusli Effendi Damanik mengatakan, melalui program-program AW Tour pihaknya akan terus berupaya untuk terus menumbuhkan kebanggaan bagi warga Al Washliyah terhadap unit bisnis milik organisasi.

"Bayangkan sekitar 2 juta warga Al Washliyah di Sumut merupakan pasar yang sangat besar. Melalui unit usaha Majelis Ekonomi kita tidak hanya sekadar menjalankan bisnis, tapi juga mencoba meningkatkan pendapatan warga dan organisasi Al Washliyah," ujarnya.

Sedangkan Rakor yang diikuti oleh oleh utusan dari Majelis Ekonomi Pengurus Daerah berhasil menghasilkan lima rekomendasi. 

Di antaranya percepatan pembentukan/penataaan Majelis Ekonomi PD Al Washliyah se Sumut, Majelis Ekonomi Wilayah harus melakukan pendampingan dan edukasi program UMKM dan lainnya ke daerah-daerah, membentuk perwakilan AW Tour di seluruh daerah dan sepakat untuk mendukung Dedi Iskandar Batubara dalam kontestasi Pemilu 2024 untuk dicalonkan kembali sebagai anggota DPD RI. (Red)
Komentar

Tampilkan

  • Gelar Pelatihan Budidaya Maggot, Dedi Iskandar Batubara: Majelis Ekonomi Harus Jadi Pencipta Lapangan Kerja
  • 0

Terkini